Setting Modem Bolt 4G di Mikrotik

Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai WAN / gateway koneksi internet pada router mikrotik. Kan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa jadi WiFi akses point untuk sharing internet ke user-user, kenapa harus pakai mikrotik lagi ?

Contoh kali ini kenapa harus pakai mikrotik lagi, sedangkan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa untuk sharing koneksi internet adalah :

  • Koneksi akses wifi client cuma bisa 8-10 koneksi, dengan wifi mikrotik bisa lebih dari 8 client.
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE tidak bisa bandwidth management, dengan mikrotik kita bisa melakukan pengaturan badwidth user & atur akses terbatas dalam penggunaan internet. Dengan iming2 speed 10x lebih cepat dari modem 3G/CDMA, bisa dibayangkan quota anda seboros apa.
  • Selebihnya anda bisa setting koneksi LAN mikrotik anda bagaimana yang biasa Anda harapkan.

Karena Modem MiFi BOLT 4G/LTE sudah built in WiFi akses point, di web GUInya tidak ada untuk disable WiFinya. Kalau saya hanya menyembunyikan nama WiFi / SSID di settingan modem BOLTnya di WiFi Setting > Basic Setting > Broadcast Network Name (SSID) set Disable.

Saya memanfaatkan port USB yang tersedia di MikroTik RB951Ui-2HnD, bisa diaplikasikan dengan type routerboard lainnya yang mempunyai port USB. Setelah anda colok Modem MiFi BOLT 4G/LTE di port USB routerboard Anda. Lihat pada menu di winbox System > Resources > USB akan terlihat driver modem BOLT anda terdeteksi oleh mikrotik. Kemudian pada menu winbox Interfaces akan muncul 1 interface dengan nama “lte”.

Yang anda lakukan hanya lah menjadikan mikrotik client DHCP dari modem MiFi BOLT anda, caranya masuk winbox klik menu IP > DHCP-Client > klik “+” > pada kolom “Interface” pilih “lte” kemudian klik OK. Pada menu IP > Addresses akan muncul IP address yang diberikan oleh modem bolt dan di IP > Routes akan muncul default gateway ke IP default Modem MiFi BOLT 4G/LTE yaitu 192.168.1.1.

Test router mikrotik apa sudah bisa terkoneksi dengan internet menggunakan New Terminal dan test “ping google.com”

Sumber: http://www.aldo-expert.com

Cara diatas sudah pernah saya uji coba sendiri, baik menggunakan Modem Bolt ataupun menggunakan Modem XL GO dan berhasil untuk praktek anak-anak dikelas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *