Belajar Routing OSPF Mikrotik

Halloooo disini kita akan membahas tentang routing OSPF (Open Shortest Path First) dan juga dengan contoh topologi sederhana serta konfigurasi routing OSPF pada GNS3 menggunakan mikrotik. Nah apa sih OSPF itu ? Routing ospf merupakan protokol routing yang memanfaatkan algoritma Djikstra dalam pemilihan route terbaiknya.

Fungsi utama algoritma Djikstra, yaitu mencari cost minimum menuju switch selanjutnya (yang bertetangga dengan switch tersebut). Cost dari setiap link ditentukan dari bandwidth yang dimiliki oleh link tersebut. Semakin besar bandwidth yang dimiliki maka semakin kecil cost yang dimiliki oleh link tersebut. Bandwidth dapat diatur untuk menentukan cost OSPF dengan
mengkonfigirasi kecepatan bandwidth nya. Salah satu cara untuk menghitung cost adalah membagi 100.000.000 dengan bandwidth yang dimiliki oleh sebuah link. Pada umumnya jaringan ethernet dianggap memiliki bandwidth 10 Mbps, maka cost untuk link tersebut adalah 10. Tiap link yang menggunakan fast ethernet sebagai media penghubung mempunyai bandwidth 10Mbps, jika menggunakan bandwidth sebagai metode penjaluran maka bandwidth yang mempunyai kapasitas besar yang akan dipilih sebagai jalur terbaik. Untuk menghitung bandwidth dilakukan dengan rumus OSPF yaitu 108 / bandwidth, selengkapnya silahkan download Ebook dibawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *